Kultwit Waktu Dari Anis Matta

#waktu#30)Akumulasi itulah yg sebenarnya banyak menipu manusia pendosa..krn terjadi scr perlahan dan tdk disadari oleh pelaku..terlalu halus

Start :

#Waktu# 1)Setiap kali ada pergantian tahun seperti skrg..saya selalu membangunkan kembali kesadaran sy ttg waktu..dan cara merasakannya..

#waktu#2)Cara setiap org merasakan waktu berbeda krn “satuan waktu” yg mrk gunakan jg berbeda..itu lahir dr falsafah hdp yg jg berbeda..

#waktu#3)Jika kita memaknai hidup sebagai pertanggungjawaban..maka waktu adalah masa kerja..waktu adalah kehidupan itu sendiri..

#waktu#4)Org2 beriman membagi waktu – seperti jg hidup – kedalam waktu dunia dan waktu akhirat..itu 2 sistem waktu yg sama sekali berbeda..

#waktu#5)Waktu dunia adalah waktu kerja..waktu akhirat adalah waktu pertanggungjawaban dan pembalasan atas nilai waktu kerja di dunia..

#waktu#6)Waktu kerja di dunia mengharuskan kita memaknai setiap satuan waktu sebagai satuan kerja..1 unit waktu hrs sm dgn 1 unit amal..

#waktu#7)Persamaan itu..1 unit waktu sm dgn 1 unit kerja..membuat hdp kita jadi padat sepadat-padatnya,nilai waktu terletak pd isinya,kerja!

#waktu#8)Tdk ada hal yg paling tdk bisa dipertanggungjawabkan dlm hidup org beriman selain waktu luang..itu hidup yg tidak terencana..

#waktu#9)Waktu luang lahir dari pikiran dan jiwa yg kosong..yg tdk punya daftar pekerjaan yg hrs dieksekusi..hidup mrk longgar tak bernas..

#waktu#10)Mrk yg punya daftar pekerjaan utk dieksekusi menempatkan waktu sbg sumber daya tak tergantikan..krn itu tdk blh lewat tanpa nilai.

Menyadari waktu adalah menyadari efeknya..dan efek terpenting dr waktu adalah efek akumulasi..sesuatu tdk terjadi seketika..tp bertahap..

#waktu#12)Akumulasi dr tindakan yg sama yg kita lakukan secara berulang2 akan menjadi karakter pada skala individu..

#waktu#13)Akumulasi dr karakter individu selanjutnya menjadi budaya dalam skala masyarakat..akumulasi itu terjadi dlm rentang waktu ttt..

#waktu#14)Akumulasi budaya dr berbagai kelompok masyarakat dlm rentang waktu ttt itulah yg berkembang menjadi peradaban..

#waktu#15)Krn efek akumulasi sebuah peradaban tdk bisa bangkit seketika atau runtuh seketika..ada faktor2 yg mempengaruhinya scr akumlatif.

#waktu#16)Masyarakat bangkit melalui akumulasi kontribusi produktivitas individu2 di dalamnya..brp karakter dan ide yg membentuk budaya mrk.

#waktu#17)Begitu jg keruntuhan sbh masyarakat..itu akumulasi karakter dan ide destruktif individu2nya yg membentuk budaya keruntuhannya..

#waktu#18)Contoh lain adalah kesehatan..kualitas kesehatan fisik dan mental kt diatas usia 40 thn adlh akumulasi dr pola hidup sehari2 kt..

#waktu#19)Sebagian besar penyakit yg kt alami diatas usia 40 itu adalah akumulasi ketidakseimbangan pola hidup yg berlangsung lama..

#waktu#20)Begitu jg dgn struktur pengetahuan kita..itu adalah akumulasi ilmu yg kita peroleh sehari2 melalui bacaan dan media belajar lain..

#waktu#21)Usia membuat org lbh arif krn ia mengalami akumulasi pengetahuan..tehnologi hari ini adalah akumulasi tehnologi kemarin..

#waktu#22)Krn itu Nabi Muhammad saw mengatakan “Jgn pernah meremehkan kebajikan sekecil apa pun itu”..itu krn sifat akumulasinya..

#waktu#23)Beliau jg mengatakan “Amal yg paling baik dan paling dicintai Allah adalah yg berkelanjutan walaupun hanya sedikit”..itu akumulasi

#waktu#24)Kebajikan kecil2 yg kita lakukan scr terus menerus menunjukkan perhatian dan konsistensi serta keterlibatan emosi yg dalam..

#waktu#25)Nilai2 emosi yg menyertai amal itu hanya bisa dilihat dlm rentang waktu..krn itu waktu jadi alat uji iman dan karakter yg efektif

#waktu#26)Sisi negatif manusia jg akumulatif..dosa yg dilakukan berulang2 akan menjadi karakter dan selanjutnya memenuhi ruang hati manusia

#waktu#27)Dosa yg tlh jd karakter tdk akan menyisakan ruang bagi dorongan kebajikan dlm diri seseorang..Allah akhirnya mengunci hatinya..

#waktu#28)Akumulasi dosa yg menjadi karakter menutup mata hati seseorang..ada tabir yg menghalagi mata dan telinganya utk melihat kebenaran.

#waktu#30)Akumulasi itulah yg sebenarnya banyak menipu manusia pendosa..krn terjadi scr perlahan dan tdk disadari oleh pelaku..terlalu halus

#waktu#31)Krn efek akumulasi itu..maka sifat2 terpuji yg paling banyak berhubungan dgn waktu adalah kesabaran dan ketekunan..

#waktu#32)Tdk ada prestasi besar yg bs kt raih dlm hdp tanpa kesabaran dan ketekunan yg panjang..sebab semua perlu waktu yg lama..

#waktu#33)Kecerdasan yg tdk disertai kesabaran dan ketekunan tdk akan membuahkan hasil apa2..itu ciri org cerdas yg tdk produktif..

#waktu#34)Itu sebabnya mengapa diantara semua sifat yg paling terulang dlm Qur’an adalah sabar..termasuk hubungan dgn waktu dlm srt Al ‘Ashr

#waktu#35)Kesabaran dan ketekunan adalah sifat utama yg melekat pada org2 besar..baik dlm dunia militer, bisnis, ekademik atau politik..

#waktu#36)Kesabaran dan ketekunan jg merupakan sifat dasar kepemimpinan..krn mrk hrs memikul beban berat dalam jangka waktu yg lama..

#waktu#37)Kesabaran dan ketekunan adlh indikator kekuatan kepribadian seseorang.. artinya ia punya tekad yg takkan terkalahkan olh rintangan

#waktu#38)Efek akumulasi jg mengajarkan kita untuk berpikir secara sekuensial..berurut mengikuti deret ukur waktu..itu strategic thinking..

#waktu#39)Kemampuan berpikir sekuensial adalah bagian dr kemampuan berpikir strategis yg diajarkan oleh kesadaran akan waktu..efeknya besar!

#waktu#40)Kemampuan berpikir sekuensial terutama diperlukan saat kt membaca sejarah dan berbagai fenomena sosial politik..jg dlm perencanaan

Sumber : TLnya @anismatta