Kultwit Gusmus Tentang Bertanya

3. #bertanya hal2 yg tdk perlu yg apabila dijawab malah menyusahkan si penanya. (Q. 5: 101). Ada juga pertanyaan2 konyol dan bodoh yg kadangStart :

1. Org #bertanya itu macam2: ada yg mmng benar2 ingin tahu dan memenuhi apa kata pepatah “Malu bertanya sesat di jalan”, ada yg hanya iseng,

2. bahkan ada yg seperti org2 yg ingkar kpd para Rasul, #bertanya hanya utk menguji dan menggoda. Quran sendiri melarang orang2 yg beriman..

3. #bertanya hal2 yg tdk perlu yg apabila dijawab malah menyusahkan si penanya. (Q. 5: 101). Ada juga pertanyaan2 konyol dan bodoh yg kadang

4. menggelikan, kadang menjengkelkan. Menghadapi mrk yg #bertanya seperti ini, sementara org tdk menanggapinya; tapi ada juga yg menanggapi.

5. Sekedar contoh; ada org yg #bertanya kpd tokoh legendaris Sya’bi: “Bagaimana cara membasuh jenggot yg tebal dlm berwuduk?” | Sya’bi: ckp

6. selusupkan jari2mu ke rambut jenggotmu.” | yg #bertanya: “Saya takut kalau tidak bisa rata.” | Sya’bi: “Kalau takut tdk rata, rendam saja

7. semalam.” Yg lain #bertanya: “Bagaimana hukumnya org yg sedang ihram menggaruk badannya?” | Sya’bi: “Boleh, tdk apa2.” | “Sampai sejauh..

8. mana diperbolehkan?” | Sya’bi: “Sampai kelihatan tulangnya si penggaruk.” Pernah ada juga org yg #bertanya kpd imam Abu Hanifah, “Saya ..

9. melepas pakaian saya dan saya letakkan di tepi sungai lalu saya nyebur ke sungai, nah saya #bertanya apakah saya harus menghadap kiblat..

10. atau mnghadap kemana?” | Abu Hanifah: “Sebaiknya kau mnghadap ke arah dimana pakaianmu kau letakkan, agar tdk dicuri org.” #bertanya hbs

Sumber : TLnya @gusmusgusmu